Labels

Selasa, 18 Juni 2013

Kunjungan Siswa Kelas Model ke Stasiun TV JTV Surabaya (Doc. Kelompok 4)

doc. kelompok 4 (Christie, Febri, Fajar, Helga)

SURABAYA – Siswa kelas model (8I, 7I, dan 7H) SMPN 1 WLINGI mengadakan kunjungan ke Stasiun TV JTV, Surabaya yang beralamatkan di Kompleks Graha Pena, Jl.A.Yani 88, Surabaya, Senin ( 17/06/2013 ). Tujuan mereka mengadakan kunjungan ini adalah untuk menambah wawasan tentang pertelevisian di Jawa Timur.




            Para siswa berkumpul di sekolah utara SMPN 1 Wlingi pukul 03.30. Pada awalnya mereka berencana untuk berangkat pukul 04.00 tepat dengan menggunakan 3 bus, tetapi karena bus datang terlambat akhirnya pemberangkatan ditunda hingga pukul 05.00. Perjalanan berlangsung selama 5,5 jam, hal ini dikarenakan jalanan macet dan sempat terjadi hujan deras. Meskipun demikian, perjalanan masih tetap menyenangkan.


Para siswa tiba di Kantor JTV Surabaya sekitar pukul 11.00. Mereka disambut oleh salah satu karyawan yang bernama Mbak Ifa. Mereka diajak masuk ke salah satu ruangan untuk mendengarkan penjelasan singkat dari Mbak Ifa. Selain itu juga ada sesi tanya jawab. Menurut penjelasan beliau, JTV yang merupakan kesingkatan dari Jawa Pos Media Televisi Jawa Timur ini pertama berdiri pada tanggal 8 November 2001. JTV yang saat ini dipimpin oleh Bapak Maesa Samola ini merupakan televisi lokal pertama di Jawa Timur dan juga masih satu grup dengan Jawa Pos. JTV mempunyai 8 biro perwakilan dari beberapa daerah, yaitu : Kediri, Banyuwangi, Madiun, Pacitan, Madura, Malang, Bojonegoro, dan Jember. Semua berita dari 8 biro ini disetorkan ke JTV. Karyawan di sini berjumlah ± 350 yang terdiri dari 80% laki-laki dan 20% perempuan.


       Terdapat 3 studio di JTV, salah satunya adalah studio khusus news/berita. Beberapa program berita di JTV adalah Jatim Isuk yang sekarang berubah menjadi Pojok Kampung Isuk yang tayang pada pukul 06.00 WIB - 07.00 WIB, Jatim Awan tayang pukul 11.30-12.00, Pojok 7 tayang pukul 19.00, dan Pojok Kampung tayang pukul 21.00-22.00. Selain itu juga ada studio khusus talkshow. JTV tidak on selama 24 jam, melainkan on pada pukul 04.30-01.00. Sebelum on, 30 menit sebelumnya akan terjadi colour bad atau warna warni seperti pelangi yang vertical dan kemudian akan mati menjadi tayangan seperti semut-semut kecil.

Setelah mendengar beberapa penjelasan dari Mbak Ifa, para siswa diajak untuk melihat proses pembuatan suatu program khusus bulan Ramadhan berjudul “Padhange Ati”. Mereka diperbolehkan foto-foto, tetapi tanpa flash/cahaya karena itu dapat mengganggu kameramen dan dapat merusak hasil shooting.


Pengisi acara program religius tersebut adalah seorang host, uztad, pengiring lagu, dan penonton yang merupakan ibu-ibu pengajian. Para penonton yang diundang tidak diberi bayaran, tetapi diberi snack/makanan ringan. Tetapi untuk host, uztad, dan pengiring lagu diberi upah karena mereka merupakan pengisi inti.


Dalam satu hari dapat menghasilkan 3-4 episode. Durasi tayang dalam setiap episode adalah 1 jam. Dalam proses pembuatan suatu acara bisa menggunakan 4-5 kamera. Setiap kamera yang digunakan sudah disetting terlebih dahulu. Sebelum proses pembuatan, produser telah menyiapkan semua yang dibutuhkan dan produser juga merupakan penanggung jawab.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar