Labels

Minggu, 16 Oktober 2011

Study Banding ke Kebun Teh Sirah Kencong (Doc. Kelompok 2)


Ini adalah laporan study banding yang disusun oleh kelompok 2. Jadi maklum kalau bahasanya baku :P kalau males baca ya udah ga usah dibaca, ini cuma buat pajangan doang kok. *eh 

Minggu, 16 Oktober 2011, kelas 7i dan kelas 8i SMP Negeri 1 Wlingi melaksanakan study banding ke Perkebunan Teh dan Pabrik Ken Tea di Sirah Kencong. Kami pergi ke sana naik truk, sekolah menyediakan 2 truk untuk kelas 7i dan kelas 8i. Kami berkumpul pukul 06.30. Setelah semuanya berkumpul, barulah kami berangkat.


Selama perjalanan menuju ke Sirah Kencong, kami melewati jalan yang terjal dan curam. Tetapi semua itu terbayar dengan pemandangan-pemandangan yang sangat menakjubkan.

Photo by Inda Christie

Photo by Inda Christie

Akhirnya, kami sampai di Sirah Kencong. Kami turun dari truk dan berkumpul untuk menerima pengarahan. Kami dibagi menjadi 2 kelompok, kelas 7i ke Pabrik Ken Tea terlebih dahulu untuk mempelajari cara pengolahan teh, sedangkan kelas 8i ke belakang vila untuk mendapat penjelasan tentang tanaman teh.

Ega mbambong!




Sebelum masuk pabrik yang bernama PTP Nusantara XXIII (Persero), kami mengganti sepatu yang kami pakai dengan sandal yang telah disediakan. Setelah itu, kami mengenakan baju yang sudah disediakan oleh petugas. Baju tersebut mirip baju laboratorium dan berbau karbol. Yang boleh masuk hanya 3 kelompok terlebih dahulu. Sedangkan kelompok sisanya menunggu giliran.



Setelah memakai baju dan sandal, kami mulai memasuki ruangan pengolahan teh yang pertama. Di ruangan tersebut terdapat kursi-kursi berjalan melayang yang berfungsi untuk mengangkut teh. Kursi-kursi tersebut membawa teh yang baru saja dipetik dari kebun ke meja pelayuan. Proses pelayuan tersebut berlangsung sekitar 12-15 jam atau semalaman. Dari teh yang masih segar dilayukan, air yang ada di pucuk daun teh dihilangkan sampai 30% untuk mutu teh yang terbaik. Setelah itu pucuk teh memasuki proses yang berikutnya.

ini bagian laporan yg bla..bla..bla.. yang kurang penting, jadi tidak saya tulis.

Setelah semua telah dijelaskan, kami melepas baju laboratorium dan keluar pabrik memakai sepatu semula. Kini saatnya giliran kelompok berikutnya.

bagian perkebunan teh dihapus karena terlalu bertele-tele. , tapi saya kasih gambar. cekidoot





Ehem!! (keselak gajah)

bagian air terjun saya sendirikan disini >>> cekidot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar